News
2017-01-09 02:43:46

Cat Plastik Primer Agar Cat Lebih Tahan Lama

AO-TEKNIK – Plastik merupakan material yang baru dikenal secara luas sejak abad ke-20 dan penggunaannya segera berkembang pesat. Saat ini plastik sudah menjadi material yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari mulai dari rumah tangga sampai industri skala besar. Pengunaan skala industri, sering kali plastik harus dicat untuk memberikan sentuhan atau hasil akhir yang berbeda dari produk sejenis lainnya. Walau begitu, proses pengecatan plastik itu membutuhkan sedikit usaha tapi jika dilakukan dengan peralatan yang tepat maka proses ini dapat dilakukan dalam waktu singkat dengan hasil yang sempurna. 

Salah satu kunci untuk mendapatkan hasil pengecatan yang sempurna adalah dengan membubuhkan primer sebelum melakukan proses pengecatan. Primer merupakan material yang akan menambahkan daya rekat cat yang akan digunakan atau top coat pada produk berbahan plastik. Untuk menggunakan primer sebenarnya sangat mudah dan hampir tidak berbeda dengan menggunakan cat biasa. Hanya saja primer biasanya tidak berwarna dan digunakan dengan cara disemprotkan.
Tidak hanya dengan primer, permukaan produk berbahan plastik yang akan dicat harus dipastikan bersih dari kotoran dan minyak serta diberikan tekstur terlebih dahulu. Hal ini karena cat akan sulit melekat pada plastik karena tidak berpori. Proses menghaluskan akan memberikan tekstur pada permukaan plastik sehingga cat dapat melekat dengan baik. 

Setelah memastikan permukaan produk siap dan sudah dilapisi sempurna dengan primer maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memastikan lapisan primer sudah kering sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu pengecatan. Pastikan cat yang akan digunakan dapat digunakan untuk digunakan pada permukaan plastik.

Sekilas proses cat plastik primer ini memang terkesan mudah tapi sebenarnya proses mengecat plastik memiliki tingkat kesulitan tersendiri dan membutuhkan keahlian tinggi untuk mendapatkan hasil akhir yang maksimal terutama untuk produk hasil industri. Oleh karena itu untuk meminimalisir kesalahan atau kerugian karena hasil pengecatan yang tidak sesuai dengan yang diinginkan ada mesin Plasma dari Diener Electronic, berteknologi Jerman, dapat digunakan untuk menggantikan fungsi primer sekaligus membersihkan permukaan dari sisa kotoran dan minyak agar hasil pengecatan maksimal sesuai dengan yang diharapkan.