News
2017-01-09 02:50:05

Cat Plastik Primer Tergeser Oleh Teknologi Baru

AO-TEKNIK –  Cat plastik primer sudah lama dikenal dan digunakan dalam bidang industri. Cat ini biasa digunakan sebagai pelapis material agar hasil pengeleman lebih bagus dan lebih tahan lama. Tidak hanya  itu, cat plastik primer juga dapat digunakan untuk melapisi permukaan logam sehingga lebih tahan karat walah terpapar udara sepanjang waktu. Seiring dengan perkembangan teknologi posisi cat plastik primer, terutama di bidang industri, mulai tergantikan dengan plasma beam yang menawarkan hasil yang bisa dikatakan jauh lebih baik dari cat plastik primer. Juga karena teknologi ini lebih ekonomis dibandingkan penggunaan cat plastik primer.

Plasma beam merupakan plasma yang dihasilkan dengan menggunakan atmospheric plasma technology.  Alih-alih menciptakan ruang hampa di dalam ruang untuk menurunkan tekanan, teknologi plasma dihasilkan dari molekul udara pada tegangan tinggi. Nantinya, plasma yang dihasilkan akan dikeluarkan bersamaan dengan udara terkompresi melalui nozzle.

Teknologi ini merupakan salah satu cara yang efisien untuk membersihkan dan mengaktifkan permukaan benda yang diinginkan. Namun, plasma beam masih terbatas pada permukaan dua dimensi sementara sistem plasma bertekanan rendah dapat memodifikasi objek dua dimensi menjadi tiga dimensi.

Salah satu fitur penting dalam penggunaan teknologi plasma beam adalah kemampuan teknologi ini untuk membersihkan dan mengaktifkan permukaan benda secara terus-menerus. Saat ini, teknologi plasma beam dan sistem plasma merupakan langkah penting dalam banyak proses di berbagai bidang industri. Contohnya adalah penggunaan teknologi ini untuk meningkatkan kemampuan adhesi dari bahan teflon atau PVC. Selain itu teknologi ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan lapisan tipis oksida pada logam sebelum pengelasan sehingga akan meningkatkan kekuatan las dan menciptakan daya tahan yang lebih tinggi terhadap korosi atau karat.

Plasma beam dengan cepat menjadi populer di bidang industri beberapa di antaranya adalah:

Ukuran. Teknologi ini dapat diaplikasikan pada berbagai ukuran bahkan hingga komponen berukuran nano sekalipun.

Jenis. Plasma beam dapat digunakan pada berbagi jenis material termasuk kaca, logam, metalloid, plastik, karet dan polimer.

Modifikasi. Plasma memungkinkan untuk memodifikasi permukaan material atau lapisan plasma itu sendiri untuk menciptakan lapisan pada material yang diinginkan.