News
2017-05-31 03:05:20

Desain Sepatu Terbaru dengan Memanfaatkan Teknologi Plasma

AO-TEKNIK – Teknologi plasma begitu disukai oleh industri terutama karena sebelum adanya plasma surface treatment banyak material yang tidak dapat digabungkan atau digabungkan dengan sangat buruk. Tidak hanya itu proses penggabungan atau pengeleman menggunakan bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan pekerja yang terlibat dalam proses industri.

Sejak teknologi ini ada, industri mulai berubah. Industri sekarang menjadi lebih bersih dan lebih ramah lingkungan termasuk industri sepatu. Banyak industri sepatu yang memanfaatkan teknologi plasma sebagai pengganti primer lem sepatu. Alasannya tentu karena teknologi plasma memberikan hasil perekatan yang lebih baik dengan tidak menyisakan residu atau mengubah rancangan sepatu juga karena menggunakan teknologi plasma berarti lebih ramah lingkungan dan dapat menekan biaya produksi.

Walau begitu teknologi plasma tidak hanya menawarkan inovasi pada primer lem sepatu. Teknologi plasma juga dapat dimanfaatkan pada bidang desain terutama desain permukaan sepatu. Dengan bantuan teknologi plasma industri sepatu olahraga dapat menciptakan sepatu olah raga yang anti air dan tahan mernghadapi cuaca ekstrim sekalipun tetapi tetap nyaman dikenakan karena permukaan sepatu tetap breathable.

Tidak hanya pada industri sepatu olahraga. Teknologi plasma juga dapat digunakan pada industri sepatu lainnya yang membutuhkan detail dengan rancangan yang rumit. Teknologi plasma dapat digunakan dalam proses pewarnaan atau pengecatan permukaan sepatu. Sejauh ini baru industri otomotif dan pesawat terbang yang memanfaatkan teknologi plasma untuk pengecatan tetapi bukan berarti industri sepatu tidak dapat menggunakannya. Sebaliknya, industri sepatu harus segera memanfaatkan kemampuan ini mengingat meningkatnya permintaan konsumen untuk sepatu yang tidak hanya nyaman tetapi juga fashionable dengan rancangan yang detail serta unik.

Menggunakan teknologi plasma untuk pengecatan atau pewarnaan juga memiliki beberapa kelebihan lain seperti tidak menyisakan residu dari proses pengecatan, hasil akhir yang lebih baik dengan biaya yang lebih rendah juga tidak merusak rancangan karena lapisan yang dihasilkan sangat tipis walau kualitasnya tidak perlu diragukan.