News
2017-05-02 09:27:04

“Green Sneaker” Sepatu Olahraga Masa Depan

AO-TEKNIK – Perubahan gaya hidup terjadi seiring dengan perubahan iklim yang semakin nyata. Sudah bukan rahasia umum kalau salah satu alasan terjadinya perubahan iklim dikarenakan gaya hidup yang dianut oleh sebagian besar manusia. Termasuk penggunaan bahan kimia dalam jumlah besar untuk memproduksi berbagai kebutuhan hidup mulai dari moda transportasi sampai benda fashion seperti sepatu.

Banyak yang tidak menyadari kalau untuk memproduksi sepatu dibutuhkan berbagai jenis bahan kimia. Mulai dari pewarna, pembersih sampai primer lem sepatu. Bahan kimia ini memang tidak berbahaya atau masih dalam batas aman untuk digunakan walau demikian bukan berarti tidak memiliki efek buruk terhadap lingkungan. Penggunaan bahan kimia tentu akan menghasilkan limbah kimia. Jika tidak ditangani dengan benar maka limbah kimia akan menjadi mimpi buruk bagi lingkungan dengan efek jangka panjang.

Dewasa ini produsen sepatu tidak hanya dituntut untuk terus berinovasi dalam hal model dan kenyamanan tetapi juga dituntut untuk berinovasi memproduksi sepatu atau sneaker yang lebih ramah lingkungan. Salah satu upaya untuk menghasilkan sepatu atau sneaker yang ramah lingkungan adalah dengan mengurangi penggunaan bahan kimia dan beralih ke teknologi lain yang lebih ramah lingkungan.

Salah satu teknologi yang dapat digunakan adalah teknologi plasma. Teknologi plasma mampu menggantikan primer lem sepatu bahkan dengan biaya lebih rendah dan hasil yang lebih baik.  Selain itu, teknologi plasma juga dapat digunakan untuk melapisi permukaan material yang akan digunakan sehingga material tersebut akan tahan air juga memungkinkan untuk menggunakan material yang selama ini belum pernah digunakan, tentunya ini akan membuat berinovasi menjadi semakin mudah.

Teknologi plasma juga menjadi solusi karena tidak hanya berfungsi sebagai perekat atau menjadikan material yang akan digunakan tahan air melainkan juga dapat membantu untuk menghasilkan sepatu yang lebih presisi. Hal ini disebabkan karena plasma adalah gas yang terionisasi sehingga dapat menyentuh hingga ke bagian yang paling sulit sekalipun dan karena berupa ion-ion, plasma tidak akan merubah bentuk dari setiap bagian yang dilapisi atau yang mendapatkan pre-treatment. Hal ini tentu sangat berguna untuk memastikan setiap sepatu yang diproduksi memiliki desain yang presisi.