News
2017-01-09 02:54:12

Memahami Apa Itu Teknologi Sistem Plasma

AO-TEKNIK –  Benda tidak hanya memiliki tiga wujud seperti yang Anda kenal selama ini. Selain bentuk padat, cair dan gas ternyata masih ada bentuk lain yang disebut dengan bentuk keempat dan diberi nama plasma. Plasma adalah benda dalam bentuk ion atau elektron yang pada dasarnya merupakan gas bermuatan listrik sehingga dapat bergerak bebas dari kutub negatif ke kutub positif.

Pada tingkat yang lebih dalam, plasma digambarkan sebagai gas yang sudah terionisasi dan merupakan campuran dari atom netral. Elektron, molekul ion dan molekul lainnya dan dalam kondisi netral. Kondisi netral ini terjadi karena pada tingkatan ini kutub positif dan negatif berusaha mencipta keseimbangan agar stabil.

Teknologi sistem plasma yang digunakan untuk melapisi permukaan produk industri hingga medis merupakan hasil interaksi dari permukaan dengan berbagai molekul dan ion yang terkandung pada bentuk plasma tersebut. Tentu saja dalam prosesnya tidak sesederhana ini. Gas yang digunakan harus disesuaikan dengan bahan dari permukaan yang ingin dilapisi, besarnya tekanan, daya dan berbagai detail lainnya tentu harus dipertimbangkan untuk mendapatkan hasil terbaik seperti yang diinginkan. Ini kelebihan utama sistem plasma sehingga menjadi populer di kalangan industri. Sistem plasma dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan.

Di industri, sistem plasma digunakan untuk melapisi permukaan dari berbagai bahan yang dibutuhkan sebelum menambahkan lapisan, pencetak atau pengeleman. Sistem plasma akan menghilangkan benda atau kontaminan asing dari permukaan bahan sebelum bahan mendapatkan diproses lebih lanjut. Hal ini penting dilakukan karena beberapa bahan industri rentan mengalami kerusakan juga untuk mendapatkan hasil akhir sesuai keinginan.

Sebagai contoh, beberapa bahan plastik tidak bisa langsung diwarnai atau dicat melainkan harus dimodifikasi dulu permukaannya dengan menggunakan sistem plasma agar cat menempel dengan sempurna dan tahan lama. Begitu juga dengan bahan-bahan lain. Secara sederhana sistem plasma menyempurnakan kondisi permukaan bahan sebelum diproses lebih lanjut.

Industri yang menggunakan sistem plasma dalam rangkaian produksi sebagian besar menggunakan oksigen sebagai pilihan utama dari sistilah istilah plasma oksigen atau oxygen plasma muncul. Tetapi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, gas yang digunakan harus disesuaikan dengan bahan permukaan yang akan diproses untuk mendapatkan efek jangka panjang dan hasil terbaik.