News
2017-04-25 02:46:18

Penerapan Teknologi Plasma di Industri Mainan dan Sepatu Anak

AO-TEKNIK – Kesehatan anak merupakan segalanya bagi orang tua. Terlebih bagi orang tua di zaman sekarang yang dengan mudah mencari informasi mengenai berbagai hal termasuk mainan yang aman atau baik untuk anak mereka juga bahan-bahan yang tidak boleh digunakan dalam pembuatan mainan juga sepatu atau pakaian anak. Ini menyebabkan orang tua sekarang jauh lebih selektif dibandingkan orang tua jaman dulu.

Imbas dari keselektifan para orang tua adalah industri terpaksa untuk meningkatkan standar produksi mereka. Salah satunya yang paling menjadi sorotan adalah penggunaan bahan kimia selama proses produksi. Orang tua sekarang sangat berhati-hati dan teliti saat membeli mainan untuk anak  mereka. Tidak hanya mempertimbangkan sisi edukasi melainkan juga memperhatikan berbagai kandungan terutama jenis cat dan perekat yang digunakan.

Dulu banyak industri mainan dan sepatu anak yang menggunakan cat atau pengencer cat berbahan kimia yang terjadi berbahaya untuk anak. Begitu juga dengan zat pewarna. Pertimbangan ekonomis selalu menjadi alasan kenapa cat kimia berbahaya yang digunakan. Tetapi sekarang penggunaan zat kimia dalam industri mainan dan sepatu anak sudah berkurang drastisi. Selain untuk memenuhi tuntutan dari para orang tua juga karena penerapan teknologi plasma dalam proses produksi mainan dan sepatu anak.

Teknologi plasma tidak hanya dapat berperan sebagai cat plastik primer tetapi juga primer lem sepatu atau perekat untuk menyatukan setiap komponen mainan. Teknologi plasma digunakan sebagai primer lem sepatu tentu merupakan kabar baik bagi orang tua karena itu berarti industri sepatu anak tidak lagi menggunakan primer atau perekat dari bahan kimia yang berbahaya. Sekarang orang tua tidak perlu panik lagi jika menemukan anak tidak sengaja mengigit mainan atau sepatu mereka.

Selain itu, penerapan teknologi plasma dalam industri mainan anak dan sepatu memastikan kalau indusri sekarang tidak lagi menggunakan cat yang mengandung bahan kimia berbahaya melainkan menggunakan cat berbahan dasar air. Cat berbahan dasar air diketahui akan memberikan hasil yang jauh lebih baik dari cat berbahan kimia tetapi tidak tahan lama. Dengan melampisi hasil cat berbahan air menggunakan teknologi plasma maka hasil cat berbahan dasar air mampu bertahan selama cat kimia bahkan lebih lama dari cat kimia.