News
2017-01-09 02:51:58

Teknologi 3D Printing dan Cat Plastik Primer

AO-TEKNIK –  Tidak ada yang dapat menghentikan perkembangan teknologi. Contohnya bagaimana teknologi 3D Printing yang baru saja diperkenalkan sudah berhasil mengubah cara untuk memproduksi berbagai benda mulai dari mainan, pakaian, bahkan yang paling mengejutkan adalah menciptakan bagian atau organ tubuh yang dapat digunakan untuk berbagai kemungkinan di dunia kesehatan.

Konsep dari teknologi 3D printing ini adalah menciptakan sebuah obyek dengan menambahkan material layer by layer sehingga memungkinkan para desainer untuk menciptakan obyek dengan desain yang kompleks dan detail rumit. Selain itu teknologi ini diklaim dapat menekan biaya produksi juga menghemat waktu karena untuk menciptakan obyek tersebut tidak membutuhkan proses forging, molding dan sculpting. Teknologi ini tidak hanya dapat digunakan oleh industri saja. Sekarang siapa saja dapat memiliki printer dengan teknologi 3D printing dan menciptakan berbagai obyek yang diinginkan.

Langkah pertama dari 3D printing adalah membuat blueprint obyek yang ingin dicetak. Anda dapat membuat blueprint yang dibutuhkan dengan menggunakan berbagai software untuk modelling atau Anda bisa mengunjungi website yang menyediakan blueprint untuk model 3D. Setelah menyelesaikan atau menemukan blueprint obyek yang Anda inginkan yang harus Anda lakukan hanya menyiapkan printer kemudian menunggu sampai obyek atau model yang Anda inginkan tercetak sempurna.

Material yang digunakan untuk mencetak obyek atau model dengan teknologi 3D printing adalah plastik walau tidak hanya terbatas pada plastik saja. Masalah yang kemudian muncul adalah bagaimana jika Anda ingin mewarnainya? Menggunakan cat plastik primer tentu bukan solusi yang tepat terlebih jika obyek atau model yang Anda cetak memiliki desain yang rumit. Jalan keluar terbaik adalah dengan menggunakan teknologi sistem plasma. Teknologi ini akan memodifikasi permukaan plastik atau material apa pun yang Anda gunakan untuk mencetak obyek atau model sehingga cat dapat melekat dengan sempurna dan tahan lama.

Kelebihan sistem plasma dibandingkan cat plastik primer adalah sistem plasma dapat menjangkau berbagai sudut atau detail yang tidak mungkin dilakukan jika Anda menggunakan cat plastik primer. Selain itu sistem plasma juga dapat diterapkan tidak peduli sekecil atau sebesar apa obyek atau model yang Anda cetak. Sistem plasma juga tidak akan mengubah bentuk desain obyek atau model yang Anda cetak sehingga Anda tidak perlu khawatir nilai estetikanya akan turun atau berkurang.